Webinar Awareness ISO 30408:2016 – Human Resource Management

Pada tanggal 16 – 17 Juni 2020 Satuan Audit Internl (SAI) Telkom University mengadakan rangkaian acara webinar berseri yang berlangsung selama 2 hari berturut-turut. Rangkaian acara ini dilakukan secara daring  menggunakan aplikasi Zoom.

Hari kedua, tanggal 17 Juni 2020 materi webinar yang disampaiakan merupakan Awareness ISO 30408:2016 (Human Resource Management) dengan pemateri Bapak Edy Hardani dari British Standards Institution (BSI).  Standar ini memberikan pedoman tentang alat, proses, dan praktik yang harus diterapkan untuk menetapkan, memelihara, dan terus meningkatkan tata kelola manusia yang efektif dalam organisasi. Semua organisasi memiliki tata kelola. Tata kelola mengacu pada sistem di mana organisasi diarahkan, dikendalikan, dan bertanggung jawab. Tata kelola mendefinisikan aturan, sistem, proses, dan perilaku. Agar efektif, sistem tata kelola perlu mempertimbangkan seluruh organisasi dalam semua dimensinya.

Tata kelola yang efektif meningkatkan kepercayaan pada pemangku kepentingan saat ini dan masa depan (karyawan, investor, pemegang saham, pelanggan, dan pihak berkepentingan lainnya) dalam kelangsungan hidup jangka panjang organisasi. Tata kelola yang efektif berkontribusi pada pengambilan keputusan strategis dengan menciptakan organisasi yang bertanggung jawab, akuntabel, dikelola dengan baik, dan berfokus pada nilai.

Dengan mengangkat materi ISO 30408:2016 diharapkan peserta dapat mengembangkan dan meningkatkan manajemen manusia dalam organisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *