Webinar Harmonisasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi ISO 14051:2011

Pada tanggal 24 – 26 Agustus 2020 Satuan Audit Internal (SAI) Telkom University mengadakan rangkaian acara webinar berseri yang berlangsung selama 3 hari berturut-turut. Rangkaian acara ini mengangkat tema Harmonisasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi yang dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom.

Hari pertama, tanggal 24 Agustus 2020 materi webinar yang disampaikan merupakan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi ISO 14051:2011 dengan pemateri Bapak Roswan Latuconsina dari Satuan Audit Internal (SAI) Universitas Telkom dan Bapak Jefrinal Rivai dari British Standards Institution (BSI).

ISO 14051:2011 memberikan prinsip dan pedoman umum tentang akuntansi biaya aliran material. Norma berusaha untuk memberikan paradigma yang diakui secara universal bagi para praktisi dan perusahaan yang menggunakan akuntansi biaya aliran material. Ini tidak dimaksudkan untuk sertifikasi pihak ketiga. ISO 14051:2011 juga mencakup penerapan akuntansi biaya aliran material (MFCA). Dalam MFCA energi dapat diperhitungkan sebagai bagian dari biaya aliran bahan atau terpisah. Banyak organisasi tidak menyadari biaya sebenarnya dari kehilangan bahan karena pencatatan yang tidak lengkap dalam akuntansi biaya tradisional. Norma ini bertujuan untuk memenuhi kesenjangan yang menyediakan alat untuk menggunakan perspektif akuntansi terintegrasi yang membantu mengurangi dampak lingkungan dan biaya keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *