PELAKSANAAN AWAL GAP ANALISIS ISO 20000-1:2018

ISO/IEC 20000 adalah  seri standar internasional mengenai menajemen layanan teknologi  informasi atau  Information Technology Service Management  (ITSM).    Pada standar ini persyaratan bagi organisasi  untuk menetapkan, menerapkan, memelihara dan terus meningkatkan system manajemen layanan atau service management system  (SMS).

Pemanfaatan system informasi terpadu bagi organisasi pendidikan dapat dioptimalkan tidak hanya sebatas media pendukung  (supporting tools), namun juga mesin penggerak (enabler) proses bisnis dan kegiatan akademik, proses bisnis non-akademik dan proses bisnis lainnya.

Pengembangan dan penerapan system informasi terpadu membutuhkan tahapan yang tepat agar organisasi  pendidikan dapat mencapai visi dan tujuan yang diharapkan.  Sehingga setelah system informasi dioperasikan, organisasi pendidikan  perlu melakukan pengelolaan dan pemantauan layanan agar  dapat meningkatkan penjaminan mutu perguruan tinggi.

Pada hari Kamis, tanggal 9 Desember 2021, bertempat di  Hotel Malaka-Bandung  unit Satuan Audit Internal  (SAI)   bersama Direktorat Pusat Teknologi dan Informasi (PuTI)  telah  melaksanakan kegiatan  “Gap Analisis   Awal  Berbasis  ISO/IEC 20000-1:2018”   bagi unit  Yan CeLOE  (Learning Management System /LMS) yang merupakan platform pembelajaran daring (online learning).

Adapun  Gap Analysis ISO/IEC 20000-1:2018, tahap awal ini  bertujuan  sebagai knowledge sharing  yang diharapkan dapat memberikan manfaat dalam mempersiapkan penerapan standar ISO/IEC 20000 di organisasi pendidikan. Sehingga perubahan yang mungkin terjadi jika dilakukan penerapan SIstem Manajemen Teknologi ISO, secara spesifik mampu meningkatkan kualitas kepada pelanggan dan pemangku kepentingan.

Sehingga diharapkan pada tahun 2023  Unit Yan CeLOE  bersama dengan Direktorat Pusat Tekonologi dan Informasi (PuTI)  dapat   melaksanakan “Sertifikasi ISO 20000-1:2018” yang mana  pada tahun 2020  Dir. PuTI    telah dinyatakan tersertifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.